Wakaf dan Realitas Sosial

posted in: Berita dan Inspirasi | 0

 


🕌🕌🕌

Wakaf Mengagumkan
Seri #3

~~Serial inspirasi tentang Wakaf, salah satu penopang kejayaan Islam

 

Wakaf dan Realitas Sosial

Pakar Sejarah Islam, Dr. Raghib As Serjani, dalam bukunya Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia, mencatat bahwa wakaf di Damaskus tidak terhitung karena jumlahnya sangat banyak. la mengutip tulisan pengembara, Ibnu Batutah, yang menyebutkan bahwa hasil wakaf diberikan untuk keperluan jamaah haji.

Wakaf diwujudkan dalam berbagai bentuk. Diantaranya yang ditujukan untuk mempersiapkan anak-anak perempuan kepada suami mereka. Mereka ini adalah anak-anak perempuan dimana orangtua mereka tidak mampu membiayai pernikahan mereka.

Ada pula wakaf yang ditujukan untuk menebus tawanan perang. Begitu juga dengan wakaf-wakaf yang diberikan kepada lbnu Sabil, dimana mereka mendapatkan bekal makanan dan pakaian yang dikenakan serta mendapat bekal untuk pulang ke negara asal.

Ada juga wakaf yang ditujukan untuk perbaikan jalan dan trotoar. Sebab masing-masing jalan di Damaskus memliki dua trotoar di kanan kirinya untuk pejalan kaki, dan ditengahnya untuk kendaraan. Begitu juga berbagai wakaf yang ditunjukkan untuk kebaktian sosial.

Masyarakat muslim saat itu sdh mampu menyelesaikan sebagian persoalan pemerintah sebagai bagian menjalankan amal sholeh berupa wakaf…

Maka wakaf sangat mungkin menjawab realitas sosial saat ini karena fasilitas umum masih banyak dibiayai dari pajak, bukan wakaf…

Indahnya peradaban, indahnya wakaf.

#TawafSemarang
#KreasiTiadaHenti
#WaqafBukanPajak
#AyoWaqaf

🌟🌟🌟

Leave a Reply