Kajian Subuh Bercahaya Ust. Budi Ashari

Menapaki jejak sejarah dan mulai menghidupkan kembali peradaban Islam bukanlah hal yang mudah, perlu jerih payah untuk mengulang sejarah yg penuh berkah.

Peradaban ini pernah lahir dan hadir lebih dari 800 tahun, memberi warna dan inspirasi dan perbaikan-perbaikan di muka bumi. Bumi ini milik Allah dan pastilah Allah yang menjaga dengan aturan-aturan yang sesuai dengan fitrahNya. Kaum muslimin tinggal mengulang dengan cara yang sama dengan yang pernah dilakukan para sahabat terdahulu. Bumi Allah tetap sama, langit di atas juga tetap sama tidak ada yang berubah di muka bumi kecuali keyakinan dan kualitas ketaqwaan manusianya.

Peradaban pendidikan islam yang dipandu 2 kurikulum, kurikulum iman dan kurikulum Quran insya Allah akan melahirkan generasi pemimpin yang memakmurkan bumi, memuliakan sesama dan siap memimpin orang-orang bertaqwa.

Sejarah mencatat pendidikan saat itu (Kuttab dan madrasah) banyak didanai dari dana-dana waqaf umat yang dikelola oleh negara. Sehingga sistem pendidikan saat itu mencapai puncaknya dengan hadirnya penemuan-penemuan dan dasar ilmu pengetahuan yang berkembang hingga saat ini.

Bagaimana peran pengusaha pada khususnya dan kaum muslimin pada umumnya dalam membangun peradaban pendidikan sehingga melahirkan generasi terbaik negeri ini. Belajar dari sejarah kita akan tahu bagaimana umat ini bersatu dan bangkit membangun peradabannya, tetapi dari sejarah pula kita belajar mengapa umat ini jatuh dan tertinggal bahkan runtuh. Semoga upaya menghadirkan kembali peradaban dan kejayaan semakin menambah keridhoaan Allah pada umat terbaik saat ini.

 

Leave a Reply